Contoh Proposal Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)
MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades - Ruang Kelas adalah suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mebeler dalam ruangan ini terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai. Ukuran yang umum adalah 9m x 8m. Ruang kelas memiliki syarat kelayakan dan standar tertentu, misalnya ukuran, pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan persyaratan lainnya yang telah dibakukan oleh pihak berwenang terkait. Posisi kelas ada 2 yaitu kelas berpindah (moving class) dan kelas tetap (remaining class). (Wikipedia).
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, disebutkan segai berikut:
1. Ruang Kelas
- Fungsi ruang kelas adalah tempat kegiatan pembelajaran teori, praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktik dengan alat khusus yang mudah dihadirkan.
- Banyak minimum ruang kelas sama dengan banyak rombongan belajar.
- Kapasitas maksimum ruang kelas 28 siswa.
- Rasio minimum luas ruang kelas 2m2/siswa. Untuk rombongan belajar dengan siswa kurang dari 15 orang, luas minimum ruang kelas adalah 30 m2. Lebar minimum ruang kelas adalah 5 m.
- Ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan pandangan ke luar ruangan.
- Ruang kelas memiliki pintu yang memadai agar siswa dan guru dapat segera keluar ruangan jika terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik saat tidak digunakan.
- Ruang kelas dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel berikut:
No
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1.1
|
Kursi siswa
|
1 buah/ siswa
|
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai
dengan kelompok usia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik,
minimum dibedakan untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain
dudukan dan sandaran membuat siswa nyaman belajar.
|
1.2
|
Meja siswa
|
1 buah/ siswa
|
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai
dengan kelompok usia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik,
minimum dibedakan untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain memungkin-kan kaki
siswa masuk dengan leluasa ke bawah meja.
|
1.3
|
Kursi guru
|
1 buah/guru
|
Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk duduk
dengan nyaman.
|
1.4
|
Meja guru
|
1 buah/guru
|
Kuat. stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk
bekerja dengan nyaman.
|
1.5
|
Lemari
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil dan aman. Ukuran memadai untuk menyimpan
perlengkapan yang diperlukan kelas. Tertutup dan dapat dikunci.
|
1.6
|
Rak hasil karya siswa
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil dan aman. Ukuran memadai untuk meletakkan hasil
karya seluruh siswa yang ada di kelas. Dapat berupa rak terbuka atau lemari.
|
1.7
|
Papan pajang
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil dan aman. Ukuran
minimum 60 cm x 120 cm.
|
2
|
Peralatan Pendidikan
|
||
2.1
|
Alat peraga
|
[lihat
daftar sarana laboratorium IPA]
|
|
3
|
Media Pendidikan
|
||
3.1
|
Papan tulis
|
1 buah/ruang
|
Kuat, stabil dan aman. Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.
Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh siswa melihatnya dengan
jelas.
|
4
|
Perlengkapan Lain
|
||
4.1
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
4.2
|
Tempat cuci tangan
|
1 buah/ruang
|
|
4.3
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
|
4.4
|
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
Download Proposal Ruang Kelas Baru (RKB)
Berikut adalah contoh proposal yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:
Demikianlah informasi tentang Contoh Proposal Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), semoga bermanfaat untuk Madrasah yang lebih baik.
Semoga Bermanfaat
Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah.